My Life My Journey

It's All About My World

Dance 23/03/2009

Filed under: Hobbies — hifni1985 @ 9:23 am
Tags: , ,

Dipublikasikan pertama kali di bagian Pages blog ini pada Mar 23, 2009 @ 9:23

Aku tengah menekuni suatu hobi, dance. Yups benar, kamu ga salah dengar koq, DANCE alias menari. Sudah dua minggu sejak tepatnya tanggal 8 maret 2009, aku mulai menekuni hobiku ini. Bangun pukul 5:00 pagi. Setelah sholat shubuh, aku mulai menyalakan video musik untuk kemudian menari mengikuti alunan musik. Masih kaku sih, berhubung aku memang jarang sekali menari, meski sebenarnya sudah sejak lama aku tertarik dengan menari.
Dahulu, di sekolah aku senang melihat teman-teman menari saat pelajaran kesenian maupun pentas sekolah. Di SLTP maupun SMU, sudah menjadi kebiasaan, siswa-siswa disuruh menari dalam kelompok sebagai bahan untuk nilai pelajaran kesenian. Ada yang menari tarian daerah. Ada juga yang menari kontemporer diiringi beragam jenis musik, barat maupun india. Menilik pengalaman bersama kelompokku di sekolah, Aku sudah pernah menari tarian khas daerah sumatera selatan yaitu, tanggai, dan juga tarian kontemporer diiringi lagu Westlife, If I Let You Go. Aku suka menggerakkan badan sesuai iringan musik, tapi aku memang tidak melanjutkan kesukaanku itu dengan terus menari.
Kalau melihat lebih jauh ke belakang, aku sudah suka melihat tarian sejak belum lagi menginjak bangku sekolah. Dulu di TVRI, ada siaran unjuk bakat menari tarian daerah. Aku duduk manis di depan TV, menatap dengan penuh antusiasme. Aku kagum dengan betapa indahnya tarian-tarian yang mereka tampilkan. Tarian yang menjadi favoritku adalah tarian dari daerah Aceh dan Padang. Disamping itu, Aku suka ikut dengan ibuku ke acara resepsi pernikahan karena biasanya ada pertunjukan tari disana. Kalau melihat tarian aku menjadi begitu semangat dengan mata terpukau.
Aku teringat pengalaman lain seputar menari. Saat SMU, aku mengenakan jilbab, otomatis aku sudah tidak bisa menari untuk nilai pelajaran kesenian. Alhamdulillah, guru kesenianku memang tidak menetapkan satu tema untuk nilai, bisa unjuk bakat seni apa saja. Jadi saat itu ada yang menari, menyanyi, baca puisi, main gitar, dan lainnya. Aku mengumpulkan teman-teman sekelas yang pakai jilbab untuk kemudian mengusulkan satu pertunjukan, yaitu pertunjukan DRAMA. Pengalamanku soal drama itu bisa kamu lihat disini. Kembali ke soal menari. Meski saat itu aku dan temanku mempertunjukkan drama, aku membantu beberapa temanku yang bingung mau menampilkan apa. Aku mengusulkan pada mereka untuk menari diiringi musik You Drive Me Crazy-nya Britney Spears. Yeah, you got it right. Emang sih, aku berjilbab tapi sudah sejak dulu aku senang musik dan seni serta beragam hal lainnya. Aku memang punya banyak minat. Untuk musik, Aku menyukai musik barat dan sering membeli VCD maupun kaset musik barat. Salah satu VCD yang kupunya adalah Britney Spears. Aku lihat di video klip You Drive Me Crazy, tariannya cukup bagus. Makanya aku menyarankan itu pada temanku. Bukan cuma saran, tapi aku juga mengajarkan pada mereka gerakannya. Hhehe, soalnya diam-diam di rumah aku suka meniru tarian-tarian yang kulihat di VCD yang kupunya. Begitu pula saat Aku dan kelompokku menari If I Let You Go nya Westlife. Waktu itu aku belum berjilbab jadi masih bisa menari. Aku mengajarkan teman-temanku gerakan Britney di video klip itu. Emang ga bisa dibilang smooth sih, karena aku juga kan pemula. Namun bagaimanapun, Aku senang bisa membantu mereka karena Aku memang senang menari.
Sekarang, setelah memasuki dunia kerja, aku kembali mencoba menari. Mulanya aku bingung, mau nari pakai musik apa. Semua VCD ku sudah tidak ada. Sampai kemudian aku ingat bahwa bapak yang punya kontrakan punya VCD musik india. Wah, bisa nih, pikirku. Jadi aku pinjem dan aku copy ke laptop. Aku edit videonya agar cuma menampilkan tarian dan kugabung beberapa lagu, maka jadilah serangkaian klip video tarian india kontemporer dengan durasi 30 menit. Hhehe, senangnya… sejak dulu aku juga suka nonton film india, dimulai waktu booming film india Kuch Kuch Hota Hain. Sudah begitu banyak film india yang kutonton, sampai-sampai semua lagu yang kucombine jadi satu itu, sudah pernah kutonton semua dulu.
Awal-awal menari masih kaku, apalagi aku sudah lama sekali ga menari. Aku ketinggalan terus gerakannya tapi ga apalah namanya juga baru, ntar lama-lama bisa piawai, atau bahkan sampai hapal. Semoga… Dengan dance, kuanggap saja seperti olahraga setiap pagi. Aku emang udah berencana untuk olahraga secara teratur supaya badan sehat dan segar.
Aku mencoba mendisiplinkan diri. Memang kuakui, sesuai dengan analisis mengenai kepribadianku yang kutampilkan disini, aku itu punya banyak sekali antusiasme, dan aku tidak menekuni masing-masing dalam waktu yang lama. Seringkali aku beralih dari satu hobi ke hobi yang lain. Aku mencoba merubah kebiasaan itu sekarang. Selama ini sih, aku belum pernah absen. Kuharap aku bisa rutin menari setap pagi sebelum memulai hari karena kegiatan ini bermanfaat bagiku.

 

Leave a Reply

