My Life My Journey

It's All About My World

Susahnya Urus Akte Kelahiran 28/03/2012

Filed under: Unusual Things — hifni1985 @ 7:03 am
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Ceritanya aku baru tahu bahwa di akte kelahiranku salah ketik nama 1 huruf. Selama ini karena dari SD sampe kuliah, nama di ijazah ga ada yang beda, kupikir di akte juga sama. Ternyata pas dibuka lagi arsip-arsip lama, ketahuanlah satu masalah itu dan sialnya aku baru tahu februari 2012. Pas aku search di internet, katanya dispensasi pengurusan akte kelahiran itu cuma ampe desember 2011, abis itu prosedurnya jadi ribet. Duh, mana tahulah aku beritanya.

Aku mencoba berpikir positif, siapa tau kalo ubah 1 huruf karena salah ketik doank, ga mesti pake prosedur ke pengadilan segala, kucobalah datengi dinas kependudukan di propinsi. Semula mereka mau langsung merubah, tapi setelah lihat bahwa akte kelahiranku itu terbitan lama, yang masih ketikan, belum komputerisasi, pihak capil menyuruh mengikuti prosedur yang ribet ke pengadilan negeri dulu.

Aku singgah juga ke pengadilan negeri, dengan harapan kalau ngubah satu huruf doank, prosedurnya bisa ringan, ternyata prosedur ubah nama karena salah ketik sama aja kayak buat akte baru. Mesti ikut sidang, bawa orang tua dan 2 saksi. Entah prosesnya makan waktu berapa lama. Yang jadi masalah adalah, aku kan kerja di kabupaten yang jauh, ga memungkinkan bagiku untuk bolak-balik pas hari kerja ke propinsi. Untuk izin 1 hari aja udah ribet, apalagi harus berkali-kali.

Ada banyak tahap yang mesti dijalani. Pertama, fotokopi syarat-syarat, minta materai dan legalisasi dari kantor pos, masukkan berkas permohonan ke pengadilan negeri, nunggu sampe dipanggil sidang, ke sana lagi pas dipanggil sidang, ntar ditelaah lagi dulu, panggil lagi 2 saksi, ke pengadilan lagi, setelah diputuskan oleh pengadilan, bawa surat dari pengadilan plus berkas-berkas pendukung yang sama pas ke pengadilan, diserahkan ke dinas capil, nunggu lagi untuk diterbitkan akte barunya. Aih, semua proses yang rumit ini cuma karena kesalahan ketik di akte lahir yang notabene kesalahan petugas capil dahulu kala itu. Kok yang jadi susah, kitanya, yang jelas dari awal udah dirugikan. Memang di satu sisi, ada kesalahan dari pihak ku juga, koq dulu ga diteliti bener-bener pas abis buat, ini ujungnya jadi menyalahkan ortu deh. Ayahku pas kutanyain koq dulu pas buat ga dicek dulu, ga bisa kasih penjelasan apa-apa. Aih, bener-bener deh, jadi ngerepotin anaknya sendiri.

Pelajaran nih bagi orang tua dan calon orang tua, supaya apa-apa harus diteliti dulu. Supaya ga repot di kemudian hari. Sekarang belum lagi masalah kelengkapan syarat-syarat untuk ngurus ke pengadilan negeri yang udah ga jelas kemana. Buku nikah ayah-ibu ga tau kemana. Surat kenal lahir dari bidan kan dulu udah dipake pas ngurus akte pertama. Minta lagi dari bidannya? Udah ga jelas bidannya kemana. Belum lagi kk dan ktp ayahku yang ga pernah diurus lagi.

Ah, pusing deh pokoknya. Kalo ada solusi apapun yang bisa lebih mudah, aku mau deh menempuhnya. Stress…

 

6 Responses to “Susahnya Urus Akte Kelahiran”

  1. Noveria Dwiyandari Says:

    memangnya mw diubah lg aktenya buat apa hif?

    Like

  2. wee Says:

    buat apa aktenya diubah hif?

    Like

  3. reana Says:

    akteku kelebihan 1 huruf n anehnya cap stempelnya kab lain. hufffffūüė¶
    selama ini kan belum pernah kepake tuh akte
    kalo ada salah gitu, ga bisa buat ngurus2 apa gitukah? harus ganti ya?
    iya sekarang memang susah harus ke pengadilan prosedurnya mulai 2012…

    Like

  4. wee Says:

    emang namamu di akte jadi apa cep?

    Like

  5. hifni Says:

    @rela
    akte katanya ga boleh diurus di kabupaten lain. harus di tempat semula, makanya tambah ribet sekarang, karena aku ga lagi terdaftar sebagai penduduk di tempat domisili semula.

    Like

  6. hifni Says:

    @wee
    ada beberapa hal yang butuh syarat akte kelahiran, dan namanya mesti sama dengan identitas lain wee.

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s