My Life My Journey

It's All About My World

Lesson to Read 16/05/2012


Lesson to Read

 

Kelas 3.1 sedang dalam pelajaran matematika.

Guru          :          Ibu punya permainan untuk kalian. Disini Ibu akan beri kalian 1 soal untuk diselesaikan. Soal ini merupakan contoh soal di sebuah buku yang ada di perpustakaan. Tentunya sedikit diubah. Ibu beri waktu 30 menit. Tugas kalian hanyalah menemukan buku tersebut dan mendapatkan jawabannya. Siapa yang berhasil akan mendapat bonus nilai 10 yang akan membantu kalian saat ujian nanti. Nah, sekarang permainan dimulai.

Seluruh siswa kelas 3.1 bergegas ke perpustakaan untuk mencari buku yang dimaksud. Setelah 30 menit berlalu, mereka kembali ke kelas.

Guru          :           Bagaimana? Sudah menemukan bukunya?

Siswa 1     :           Kami sudah berbagi tugas bu, mencari di semua buku di perpustakaan.Jadi kalau ada yang menemukan bukunya, harus memberitahu semua. Tapi sayangnya buku itu tidak berhasil kami temukan bu.

Guru          :           Aneh, padahal ada koq bukunya di perpustakaan, apa dipinjem ya… <Tersenyum>

Siswa 2     :           Yaaa… Ibu. Jadi kami tidak dapat bonus nilai ya.

Guru          :           Tidak apa-apa. Sekarang kalian keluarkan kertas dan coba jawab soal tersebut. Ibu beri waktu 10 menit. Setelah selesai, kumpulkan ke depan.

Sepuluh menit telah berlalu, murid-murid mengumpulkan hasil pekerjaannya ke depan dan Ibu Guru mulai memeriksa satu persatu.

Guru          :           Hmm, ternyata dari 40 siswa yang ada disini, tidak kurang dari 40% bisa menjawab dengan benar.

Siswa 3 berbisik dengan teman sebangkunya.

Siswa 3     :           Berapa orang tuh?

Siswa 4     :           16 orang, ada 16 orang yang bisa jawab. Lu bisa jawab?

Siswa 3     :           Bisa sih, tapi ga tau bener apa ga.

Siswa 4     :           Ah elu, coba gue nyontek tadi.

Guru          :           Kalian tidak ada yang bisa menemukan bukunya, tapi bisa menjawab soal ini, kenapa?

Para siswa berbisik-bisik.

Guru          :           Karena di antara 40 siswa, 16 orang ini adalah yang benar-benar membaca. Saat kalian membuka setiap buku yang ada di perpustakaan, kalian membaca untuk mencari jawabannya. Meski kalian tidak menemukan jwaban soal, apa yang sudah kalian baca, sudah membantu kalian untuk menyelesaikan soal.

Siswa 5     :           Yah, gue ga baca, Cuma langsung llihat contoh soalnya, sama apa enggak.

Siswa 6     :           Hahaha… Iya. aku juga.

Guru melanjutkan.

Guru          :           Pelajaran yang bisa kalian petik adalah yang terpenting dalam mencapai tujuan bukanlah hasil melainkan proses. Proses menemukan jawaban, Proses perjuangan, Proses dalam meraih kesuksesan.

Siswa-siswa merenung. Bu Guru mengeluarkan sesuatu dari tasnya dan mengangkatnya tinggi.

Guru          :           Buku ini cuma ada satu-satunya di perpustakaan.

Siswa         :           Whaaa, Ibu curang…

Guru          :           Hmm… <Tersenyum> Jangan hanya bertumpu pada hasil yang ingin kalian capai. Tapi lakukan prosesnya dan nikmati. Saat kalian melompati semua proses dan langsung menuju hasil, kalian akan kecewa jika tidak menemukan apa yang kalian inginkan. Dan yang lebih penting lagi, kalian sudah melewatkan semua kesenangan yang ada dalam proses meraih hasil.

Siswa-siswa mendengarkan dengan serius.

Guru          :           Jadi, membaca itu berguna kan? Hehe. Okay, begitu saja, 16 orang tadi akan mendapat bonus nilai. Kelas bubar.

Setelah kelas bubar, siswa-siswa masih memperbincangkan pelajaran yang tadi mereka terima.

Siswa 5     :           Kita kayak belajar Filosofi bukannya Matematika.

Siswa 1     :           Tapi di situlah letak menyenangkannya ya.

Siswa 2     :           Ibu itu cerdas. Dengan cara ini dia sudah membuat kita membaca dan dan menyadari pentingnya membaca.

Siswa 4     :           Kalo kata gue, Ibu itu jenius.

Siswa 6     :           Ah, mulai sekarang aku mau baca ah!

Di ruang Guru.

Guru Bahasa Inggris            :       Tadi rame banget bu di perpustakaan oleh siswa kelas Ibu. Ada tugas ya?

Guru Matematika                :       Iya, Bu.

Guru Bahasa Inggris            :       Ah, anak-anak jaman sekarang, kalau ada tugas aja, baru ke perpustakaan!

Guru Matematika                :       <tersenyum>

Sejak hari itu, perpustakaan selalu ramai oleh siswa kelas 3. Mereka bukan hanya membaca buku Matematika, tapi juga banyak buku lainnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s