My Life My Journey

It's All About My World

Krisis Moral di Indonesia 16/09/2016

Filed under: Opinions — hifni1985 @ 3:28 pm
Tags: , ,

Terlalu banyak orang yang melanggar antrian dan peraturan lalu lintas di negeri ini.

Hampir setiap hari saat saya mengendari motor di jalan raya, menemui pengemudi mobil yang mengambil jalan untuk memotong tanpa peduli ada saya yang sedang mengemudi di jalan yang berlawanan tersebut. Di jalan dua ruas untuk arah yang berbeda, jika dia mengambil jalan berlawanan, maka dia bisa saja menabrak pengemudi yang ada di jalan tersebut. Sehingga saat itu saya temui, saya terpaksa berhenti dan mengklakson agar dia tahu hal itu tidak pantas dilakukan. Sikap orang-orang tersebut yang tidak peduli akan nyawa orang lain dan hanya mementingkan keinginannya untuk cepat, sungguh membuat saya kesal.

Selain itu, juga ada banyak penipuan dan telp telemarketing yang mengganggu.

Apakah tidak masalah bagi mereka merugikan orang lain untuk memperoleh pendapatan. Tidak terpikirkan kah oleh mereka nasib orang yang telah mereka rugikan?

Kadang saya berpikir, kalau orang-orang saling menghargai tentu hal ini tidak terjadi.

Itu hanya dua contoh di antara sekian banyaknya krisis moral di Indonesia.

Di negeri yang katanya masih menjunjung tradisi tepo seliro, sebagaimana dulu pernah diajarkan sewaktu saya masih sekolah dengan bangganya, kenapa justru banyak ketidaknyamanan yang disebabkan oleh tidak berlakunya tradisi tersebut.
Apakah tradisi itu sudah luntur?
Apakah ajaran itu hanya di bibir saja dan tidak diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari?

Apakah moral bangsa sudah sedemikian merosot?
Haruskah begini terus?

Krisis moral yang melanda Indonesia ini seharusnya menjadi perhatian yang serius, lebih dari krisis ekonomi. Karena bangsalah yang membangun negara.

 

Disclaimer: Picture is not mine, all rights belong to the owner.

 

Leave a Reply

