My Life My Journey

It's All About My World

Menanggapi Saran 09/12/2016

Filed under: Opinions — hifni1985 @ 1:15 am
Tags: , ,

Dulu waktu sekolah di IHS – Erasmus University Rotterdam, universitas sering mengirim email link ke sebuah survei tentang apa yang dirasakan selama perkuliahan dan kendala atau kekurangan apa di universitas yang perlu dibenahi.

Saat itu, saya mengisi sejujurnya pendapat, saran, kritik, masukan yang saya rasakan. Itu tidak mesti artinya buruk karena sebaik apapun kondisi disana tentu ada kelemahan yang kita rasakan.

Setahun-dua tahun setelahnya ternyata mereka membenahi apa yang saya cantumkan di survei itu. Mungkin bukan hanya saya yang menyarankan itu. Namun, mengetahui bahwa pendapat kita didengar dan ditanggapi dengan baik, lalu diterapkan dalam peningkatan mereka itu membuat saya merasa senang. Meski saya tidak merasakan manfaatnya lagi karena saya sudah tidak disana, tetap saja saya merasa senang.

Sangat berharap semua lini di Indonesia bisa seperti ini, terbuka terhadap pendapat, kritik, maupun saran. Tidak perlu bersifat defensif, tidak perlu merasa terusik. Karena saat orang bersedia untuk mengungkapkan pendapat, kritik, saran, bukankah itu artinya masih ada kepedulian. Meski dengan catatan, cara menyampaikannya tentunya harus objektif, tidak dengan niat menyakiti/merendahkan.

 

Disclaimer: Picture is not mine, all rights belong to the owner.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s